Tim Esports Indonesia Torehkan Juara Internasional

Alassio – Sebelum esport populer di Indonesia, esport lebih dahulu populer di luar negeri terpenting di Eropa. Disana telah banyak turnamen-turnamen yang menandingkan permainan esport yang berhadiah jutaan dollar contohnya seperti turnamen game Dota 2. Esports Indonesia baru populer sebagian tahun ke belakang ini dikarenakan salah satu game moba yakni Mobile Legend. Sebab untuk bermain Mobile Legend itu cukup mudah, hampir segala orang bisa memainkannya sebab hanya bermodal telpon pintar. Banyaknya orang yang bermain game ini, mensupport developer industri esports Indonesia untuk membikin game menjadi lebih kompetitif dengan menggelar berjenis-jenis jenis event turnamen.

Regu esports Indonesia malah memandang potensi dari game moba di telpon pintar ini. Mereka mencari player profesional untuk direkrut ke dalam timnya. Regu esports Indonesia yang mencari pemain untuk diciptakan professional player sebagai tim umumnya melihat dari prestasi yang ada di dalam game. Seumpama seperti pada game Mobile Legend ada leader board yang berisi pemain-pemain berpotensi seperti list pemain dengan rank tertinggi dan list player top dari tiap-tiap heronya. Sebelum masuk ke regu esport yang berasal  dari Indonesia, berikut daftar regu esport terbaik di dunia.

Daftar Regu Esports Terbaik Dunia

Regu Liquid

Regu Liquid merupakan salah satu regu esports terbaik di dunia. Awal mula regu ini didirikan pada tahun 2000 yang mempunyai markas di Belanda. Melainkan pada tahun 2012 tim ini berpindah markas ke Amerika. Puncak kejayaan Tim Liquid ada pada saat tahun 2017, merupakan menjuarai turnamen Dota 2 tingkat internasional.

Setelah mendapatkan kampiun di turnamen Dota 2 internasional pada tahun 2017, Tim Liquid ini juga sudah mengembangkan divisi game-nya tak hanya Dota 2 regu ini juga mempunyai beberapa divisi seperti League of Legends, Counter Strike, PUBG dan Fortnite.

Evil Geniuses

Regu esport yang satu ini bernama Evil Geniuses, regu ini dapat disebut sebagai pencetus awal berdirinya tim-regu esports di dunia. Tim ini di bangun di Kanada pada tahun 1999 dan mulai masuk ke ranah kompetitif pada tahun 2000 dengan banyak divisi seperti Counter Strike, Starcraft dan World of Warcraft. Hingga kini regu ini amat berkembang pesat dan masuk ke dalam daftar tim esports terbaik di dunia.

Cloud9

Cloud9 ini yaitu tim yang mulai diperkenalkan ke public pada tahun 2013 di Amerika. Semenjak pertama didirikan tim ini telah banyak sangkaan akan sanggup berkompetisi dengan tim yang telah ada malahan dapat masuk ke dalam daftar salah satu tim esports terbaik. Cloud9 awalnya mempunyai sebagian divisi seperti Dota 2, Counter Strike dan League of Legends. Dan sekarang tim ini sudah makin banyak divisi game-nya seiring perkembangan industri esports.

Natus Vincere

Bagi pecinta game Dota mungkin telah tidak asing lagi dengan nama tim ini yang biasa di ucap NAVI. Natus Vincere atau NAVI ini berbasis di Ukraina dan dibentuk pada tahun 2009. Regu ini memiliki banyak prestasi seperti kampiun turnamen internasional Counter Strike dan Dota Allstar yang membuat regu ini lebih kencang masuk ke tim papan atas internasional. Tim ini sangat ditakuti time esports lain di cabang game Dota 2 dan Counter Strike: Global Offensive.

Virtus Pro

Tim yang memiliki ciri khas pada warna orange, hitam dan putih ini bernama Virtus Pro. Tim yang berasal dari negara Rusia ini didirikan pada tahun 2003. Virtus Pro meniru beberapa kompetisi dalam game seperti Counter Strike: Global Offensive, League of Legends, Dota 2 dan Hearthstone. Virtus Pro juga pernah menjadi kampiun di game Counter Strike ialah pada turnamen bernama EMS One Katowice 2014.

Tak hanya tim esport luar negeri saja, padahal industri esports di Indonesia bisa dibilang baru berkembang dan populer beberapa tahun kebelakang ini, tim-tim esports asal Indonesia juga tak kalah keren. Kini akan kami ulas sebagian daftar tim esports asal Indonesia yang juga memiliki prestasi di laga internasional tak hanya nasional saja.

Daftar Regu Esports Asal Indonesia

Cukup banyak tim esports asal Indonesia yang mempunyai prestasi, tidak cuma prestasi nasional saja malah sampai mengharumkan nama negara Indonesia di kancah internasional. Berikut yakni daftar tim esports asal Indonesia:

EVOS Esports

Untuk orang yang menyukai bermain game malah bagi yang mau menjadi pro player sepertinya sudah tidak asing lagi dengan tim asal Indonesia satu ini adalah EVOS Esports. Tim ini ialah salah satu dari banyak tim esports di Indonesia telah pernah mendapatkan prestasi nasional ataupun internasional. Dibentuk pada tahun 2016, regu ini mempunyai sebagian divisi tim esport di antaranya seperti Gratis Fire, Mobile Legends, PUBG, Realm of Valor, League of Legends Wild Rift dan juga PUBGM Mobile.

Tidak cuma banyak mempunyai divisi regu esports Indonesia saja, EVOS Esports juga memiliki banyak prestasi seperti juara Mobile Legends Professional League Indonesia atau biasa di ketahui MPL ID pada season 4 di tahun 2019 dan MPL ID season 7 pada tahun 2021. Tim EVOS Esports juga pernah mendapatkan juara dunia Mobile Legends M1 World Championship pada tahun 2019 yang pastinya ikut serta mengharumkan nama negara Indonesia di kancah internasional. Tak cuma di game Mobile Legends saja, EVOS Esports juga pernah mendapatkan juara 1 di kelas dunia dalam game Tidak Fire World Cup di tahun 2019. Dan di tahun 2021 tim EVOS Esports dari divisi Dipungut Fire juga mewakili Indonesia di kancah Final Tidak Fire World Series 2021 Singapore (FFWS 2021 SG).

Rex Regum Qeon (RRQ)

Rex Regum Qeon atau RRQ ini termasuk ke dalam salah satu regu esports Indonesia yang cukup besar dan tenar. Disusun pada tahun 2013, mulanya RRQ adalah regu esports Indonesia yang aktif berkompetitif di permainan Dota. Rex Regum Qeon juga diisi oleh pemain-pemain bintang di Dota. Seiring banyaknya game yang berkembang di Indonesia RRQ pun membikin divisi game lain seperti Point Blank dan Mobile Legends: Bang Bang. Hingga Kini RRQ mempunyai cukup banyak divisi lain seperti PUBG Mobile, Bayaran Fire, Valorant, FIFA dan League og Legends: Wild Rift.

Regu RRQ ini juga mempunyai banyak prestasi yang tak perlu diragukan lagi di kelas nasional maupun internasional. Untuk yang memiliki hobby bermain game dan ingin menjadi professional player pastinya Rex Regum Qeon sudah menjadi tim asa Anda.

Onic Esport

Regu esport yang memiliki logo seperti landak ini dapat dibilang terbilang baru, Onic esports Indonesia didirikan pada tahun 2018. Meskipun tim baru Onic Esport pada tahun permulaan musim 2019 menjadi regu yang tak terkalahkan di game Mobile Legends. Tak cuma Mobile Legend, Onic juga memiliki sebagian divisi game adalah PUBG Mobile, Cuma-cuma Fire dan Valorant.

Tim Onic esports Indonesia ini juga pernah mendapatkan gelar juara 1 Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup atau lazim di ucap MSC pada tahun 2019, selain itu Onic juga sukses memperoleh gelar kampiun di Mobile Legends Mytel Internasional Championship tahun 2020 dan juga memenangkan turnamen Mobile Legends: Bang Bang All star 2019.

Onic Esports juga baru baru ini telah menjuarai Mobile Legends Professional League Indonesia atau MPL ID season 8. Karena Onic mendapatkan Juara 1 di MPL ID, tim ini juga mendapatkan slot untuk membawa nama Indonesia di pertandingan internasional Mobile Legends bernama Mobile Legends: Bang Bang World Championship 2021 atau lazim di sebut M3.

Bigetron Esport

Tim yang terakhir kita bahas ini yakni Bigetron Esport. Bigetron berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan sistem menjuarai turnamen PUBG Mobile dengan skala internasional ialah pada PUBG Mobile World League (PMPL) pada tahun 2020 dan pada game Mobile Legends regu ini sukses mendapatkan pemenang 3 pada MPL Season 6. Bigetron esports Indonesia memiliki beberapa divisi ialah Mobile Legends: Bang-Bang, Pubg Mobile, Gratis Fire dan Call of Duty Mobile.

Game Esport Terbesar di Dunia

Sekiranya kita mengamati regu-tim yang berasal dari Indonesia pastinya di sebuah tim pasti saja ada divisi game Mobile Legends. Melainkan tahukah kalian bahwa game esports Indonesia terbesar di dunia yang mempunyai hadiah turnamen yang betul-betul menggiurkan berikut saya akan memberikan beberapa game esport terbesar di dunia.

Dota 2

Untuk ketika ini, game terkaya di industri esports dunia masih dipegang oleh Dota 2. Tidak tanggung-tanggung setiap tahunnya Dota 2 memberikan hadiah uang kurang lebih $40 juta atau bila di rupiahkan sepadan kurang lebih Rp 588 Miliar. Cukup fantastis bukan uang sebesar itu? Hadiah tertinggi diberikan terhadap juara event esports terbesar yaitu The International atau awam di ucap TI. Dota 2 cakap memberikan hadiah sebesar itu dikarenakan penonton dan peminat Dota cukup banyak yang tersebar di semua dunia termasuk salah satunya yaitu Indonesia.

CS: GO

Sudah menjadi salah satu game tertua di dunia esports game ini tiap-tiap tahunnya menawarkan banyak turnamen kompetitif dengan total hadiah melebihi $22 juta atau setara Rp 323 Miliar. Sebab total hadiah yang amat besar dan jumlah penonton yang terus meningkat, tidak menutup kemungkinan bahwa akan ada kenaikan jumlah hadiah setiap tahunnya.

Fortnite

Fortnite termasuk ke dalam game baru di industri esports ini, genre game ini ialah Battle Royale. Meskipun baru, game ini dapat dibilang salah satu game yang pesat popular. Developer game ini membuat turnamen dengan sempurna hadiah sekitar $19 juta.